Aminudin

Tangan di atas selalu lebih baik dari tangan di bawah


Sebuah nama yang jamak, tetapi yang satu ini mendapat perhatian khusus. Sikap proaktif, dengan tidak berpangku tangan hanya dengan mendapatkan sumbangan agar organisasi sosialnya mampu berjalan, melainkan dengan memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat.

Sepintas, usaha menjaga kuburan yang dilakukan bersama rekan-rekan remaja masjid terlihat sangat sepele dan tidak mengundang persaingan. Tapi justru dengan start awal ini, yang kemudian menimbulkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan sesuatu yang lebih besar. Usaha 'sepele' dibarengi dengan konsistensi dan pengembangan tiada henti, membuat sang pemuda ini mampu mengembangkan usaha baru, koperasi simpan pinjam.

Dari kecil menjadi besar, seluruh desa terpengaruh berkat perubahan yang dibawa oleh seorang pemuda. Layaklah dia dianugerahi gelar "Pemuda Pelopor 2007" oleh Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur.

Sungguh menarik apabila Universitas mampu menciptakan orang-orang yang berpemikiran sederhana, namun mampu menyelami kebutuhan masyarakat dari sisi yang paling feasible untuk dikerjakan tiap-tiap individu. Memulai dalam pikiran, melangkah dari imaginasi hasil perubahan dan kemudian mengolahnya menjadi langkah-langkah untuk mencapai perubahan tersebut.

Supaya tidak terlalu abstrak, sebagai contoh yang telah terbukti:
semua dimulai dengan visi ingin fasilitas internet bisa ada di 'meja saya', lebih jauh lagi 'di meja setiap dosen' dan 'di meja setiap mahasiswa'. Bagaimana memulainya ? Bukan dengan menyusun anggaran -- Tetapi dengan mengumpulkan teman seide untuk kemudian belajar mengenai bagaimana cara memasang jaringan komputer yang capable untuk digunakan berinternet.

Mereduksi cost hingga core component merupakan strategi yang krusial -- apa saja ? tentunya kabel data dan hub, pemancar dan penerima gelombang radio (WiFi, 2.4 GHz). Langkah selanjutnya ya tentu bergotong royong memasang jaringan.

Trial dan kesuksesan pertama kali akan membawa efek domino. Dari 3-4 gedung, dalam waktu hanya beberapa bulan, niscaya semua ingin mendapatkan perubahan.

"Ethos - Kinerja: Tanpa berpromosi, ia akan bercerita tentang diri Anda"


Ide Anda ? Wah saya penasaran sekali...

Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Membangun Universitas (3): Menjabarkan Pola Ilmiah Pokok