Unrest

Rasa tentram merupakan hal yang diidamkan semua orang. Namun, menyimak beragam informasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia, yang tampak adalah sinyal-sinyal kegelisahan, kegalauan, dan kecemasan. Disatu sisi orang gembira, tetapi di tempat yang sama pula orang was-was.
Angkatlah topik 'climate change', dengan mudah dari 10 point yang disebutkan, 80-90% diantaranya berisi tentang perubahan ke arah yang buruk, sementara upaya sebaliknya terlihat minor. Beralih dari topik hangat tentang lingkungan, marilah lihat berita-berita yang beredar. 'The concept of bad news comes first' menjadikan hati selalu mendapatkan racun untuk galau.
Banyak sudah trik mendapatkan ketenangan. Tetapi dikotomi antara satu bagian kehidupan dengan sisi yang lainnya masih saja terus dilakukan, misalnya memisahkan antara kesuksesan spiritual dengan kesuksesan ekonomi, politik, dan sebagainya. Termasuk diantaranya melakukan self-re-assurance untuk meyakinkan diri sendiri adalah 'sistem yang benar' merupakan sumber kegelisahan.

Kalau ditanya... apakah saya was-was saat ini, bisa dibilang ya. Namun apa yang dicemaskan, saya tidak tahu.

Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Membangun Universitas (3): Menjabarkan Pola Ilmiah Pokok