Satu lagi kebiasaan yang perlu ditumbuhkan

Thank You

Mengucapkan terima kasih merupakan budaya. Sebagaimana budaya-budaya lainnya, hal kecil ini tumbuh dari kebiasaan masyarakat. Apabila bangsa kita mengaku menganut asas ketimuran, seharusnya ungkapan menghargai orang lain lebih banyak dan lebih kreatif. Namun yang terjadi adalah sebaliknya.

Selama menempuh pendidikan bertahun-tahun lamanya, kemudian mengamati adik, keponakan, hingga anak sendiri, kebiasaan mudah ini tidak pernah diajarkan di kelas-kelas. Hal yang sepele namun membekas dan akan memebentuk pola pikir ini sudah seharusnya ditanamkan tidak hanya di rumah, tetapi juga di sekolah.

Banyak yang bilang bahwa keluarga merupakan landasan pertama pengajaran anak, tetapi saat ini, persentase anak diasuh bukan oleh orang tuanya semakin meningkat. Untuk itu, peranan sekolah juga sudah mulai mengambil porsi orang tua. Kebiasaan seperti memberikan ucapan atas hadiah dan penghargaan orang lain pun sebaiknya masuk dalam menu pengajaran.

Tapi ini adalah keinginanku dan menyadari bahwa aq hanya bisa memberikan kebiasaan ini kepada anak-anakku dan anak didikku, maka aq pun hanya bisa berharap, bahwa kebiasaan ini pun diajarkan oleh guru-guru lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Membangun Universitas (3): Menjabarkan Pola Ilmiah Pokok