Roy Suryo vs Blogger

"Kelompok blogger dan hacker yang selalu bertindak negatif adalah pelakunya. Hal ini membuktikan, yang namanya blogger dan hacker Indonesia belum bisa mencerminkan citra positif," tegas Roy kepada detikINET, Kamis (27/3/2008).

Kalimat di atas adalah kutipan dari berita DetikINET. Ada satu highlight yang perlu diambil disini: Blogger. Blogger yang selalu bertindak negatif. Blogger Indonesia belum bisa mencerminkan citra positif ?

Mengapa orang ini begitu sentimen kepada para Blogger ? Apakah mungkin kasus 'meta data', sebuah blunder komentar yang bersangkutan, dipatahkan oleh blog seorang anak bangsa yang bekerja di Jerman ? Atau karena ada sebuah blog yang terus menerus mempublikasikan kelemahan argumen yang bersangkutan dari berbagai media ?

Apapun alasannya, merusak situs orang lain memang tidak dibenarkan. Tetapi dengan alasan serupa, menuduh suatu kelompok masyarakat (dalam hal ini Blogger) sebagai pihak yang melakukannya juga merupakan fitnah.

Saya telah menjadi seorang blogger sejak tahun 2002, jauh sebelum Roy mengambil 'front' untuk memusuhi para blogger. Walaupun, saat itu nama Anda sudah menjadi kontroversial di kalangan praktisi IT. Di beberapa forum resmi, saya pun tidak pernah mengambil hati permusuhan yang ditampakkan Anda kepada para bloggers dan FSers, sekalipun saya berkesempatan untuk berbicara di forum yang sama. Ini adalah kali pertama saya mengungkapkan ketersinggungan sebagai bagian dari Blogger Indonesia terhadap penyataan-pernyataan Anda. Ada apa Bung Roy ?

Satu nasehat positif yang sering disindirkan halus oleh blogger dan praktisi IT senior kepada Anda untuk mawas diri rupanya belum mengena. Apakah karena kedekatan dengan para pimpinan negeri ini, sehingga membuat Anda merasa untouchable dari perkataan-perkataan yang memojokkan orang lain tanpa bukti ?

Dengan undang-undang yang sama (UU ITE) para Blogger sebenarnya bisa membalikkan keadaan dengan menyebutkan pasal memfitnah (memberikan statement memojokkan tanpa bukti) atas orang lain dengan menggunakan media internet (dalam hal ini rekaman televisi dan kutipan wawancara di detikINET).

Perkataan yang buruk hanya akan memancing reaksi yang buruk. Siapa yang menanam angin akan menuai badai.

Adalah para blogger senior seperti Ikhlasul Amal, Wimar Witolear, para wartawan senior, hingga para ilmuan pasti ikut merasa 'tertonjok' atas ucapan Anda yang menggeneralisir para Blogger bercitra negatif. Ada baiknya Anda melakukan introspeksi, merenung lebih dalam, menyadari kekeliruan-kekeliruan selama ini. Jadilah lebih baik, karena sebenarnya Anda pun punya andil dalam memajukan internet diluar ulah-ulah kontroversial yang sering diberitakan oleh media elektronik.

Anda masih sangat dibutuhkan, tetapi tidak dengan sikap sembrono menuduh pihak-pihak yang tidak setuju dengan Anda seakan-akan ingin memberangus mereka semua. Ini demokrasi Bung. Setiap orang berhak mengungkapkan pendapat mereka, mengkritik pendapat orang lain, tetapi bukan melakukan black campaign terhadap satu komunitas seperti yang tersirat dari wawancara Anda dengan berbagai media.

Comments

iya nih pak, emang pernyataan rs ini agak aneh, masak sih orang yg wawasannya seluas rs bisa buat statement semacam itu ya? mungkin emosional saja?

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Melanjutkan Tradisi Generasi Emas Smansa