Diacetyl diduga berbahaya bagi paru-paru?

Mark this: diacetyl is suspected as an agent to cause bronchitis and respiratory problem. Suspected means not yet prudently proved. However two scientific articles emphasize that diacetyl maybe inducing broncholitis obliteran.

Berawal dari sebuah email HOAX yang menerangkan bahwa seorang pekerja popcorn yang paru-parunya "bolong" akibat terlalu sering menghirup diacetyl yang ditambahkan dalam popcorn, komponen aromatis ini kemudian menjadi ramai dibicarakan.

Dari berbagai referensi (US Labour Dept., Nat. Inst. Occup. Safety & Health, Am. J. of Respiratory, British Medical J) disebutkan bahwa komponen diacetyl dalam flavour dapat mengakibatkan gangguan penyakit yang disebut Broncholitis obliteran. Gangguan ini secara umum ditandai dengan penurunan kemampuan menarik nafas (diukur dengan spirometer), terdapat hiperinflasi dalam saluran-saluran paru-paru. Akan tetapi gangguan yang diakibatkan diacetyl ini adalah bersifat mild apalagi membuat paru-paru Anda jebol, walaupun ada laporan di AS bahwa broncolitis obliteran ini dapat menjurus kepada kematian.

Diacetyl adalah senyawa flavor alami yang terdapat dari hasil fermentasi susu oleh bakteri asam laktat, ataupun terpisah secara natural dalam proses pembuatan butter (mentega - bukan margarine). Komponen diacetyl selanjutnya dapat menginduksi gangguan pada pekerja dengan paru-paru sensitif. Dikatakan, penyakit bronchitis obliteran ini sangat jarang ditemukan, sehingga kesalahan diagnosisnya menjurus ke asma bahkan pneumonia. Kasus ini dikenal sebagai Food Flavouring Containing Diacetyl.

Preventive measure (pencegahan)
Bagi Anda yang merasa peka terhadap bau-bauan yang menyengat, termasuk bau susu, mentega dan produk fermentasi susu lainnya, disarankan untuk mengurangi konsumsi pangan tersebut.

Keamanan diacetyl

Sampai saat ini, EU dan hampir semua lembaga pengawas pangan dunia masih bersikap menunggu terhadap kepastian akan kasus komponen diacetyl dalam bahan pangan. Jadi, sejauh ini status penggunaannya masih belum ditentukan, alias masih banyak digunakan di Industri Pangan.

Catatan: Topik ini akan terus diupdate dan dicermati setidaknya 1 minggu dari sekarang. Jadi, sering-seringlah melihat tautan ini, siapa tahu muncul update kajian yang lebih lengkap.

Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Melanjutkan Tradisi Generasi Emas Smansa