Jangan biarkan rumah berdebu dan lembab

Beberapa riset membuktikan bahwa rumah yang lembab dan berdebu, serta berlumut menyebabkan penghuninya lebih berisiko terkena penyakit. Adalah penyakit paru-paru akibat toksin jamur, begitu pula dengan penyakit asma yang dimungkinkan berasal dari infeksi jamur akibat rumah yang lembab. Penyakit lain yang berhubungan dengan toksin jamur dari rumah yang lembab dapat dilihat di tautan ini.


Kelembaban akan memacu munculnya jamur dari berbagai spesies, utamanya Aspergillus di daerah tropis, dan Penicillium di daerah sub-tropis. Hampir semua Aspergillus dapat ditemukan di tanah, melepaskan spora yang dapat melayang bersama debu, yang kemudian berkembang biak dan menghasilkan toksin yang berbahaya. Di rumah yang lembab, sasaran utama tumbuhnya jamur adalah bahan makanan yang disimpan, dinding, langit-langit, tempat tidur, karpet, rak baju atau sporanya terhirup masuk dan berkembang di dalam sistem tumbuh kita.

Oleh karena itu sangat disarankan rumah memiliki saluran ventilasi yang baik, sehingga sirkulasi udaranya mengurangi cemaran jamur di dalam rumah. Pastikan rumah terkena sinar matahari yang cukup, sehingga sinar ultravioletnya membantu mematikan kuman di dalam rumah Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Melanjutkan Tradisi Generasi Emas Smansa