Lagu-lagu Game Online masuk ke Teve

Saya penggemar game online serupa Ragnarok dan game-game sejenis yang bersifat petualangan. Walau sekarang gak pernah punya akun di game-game tersebut, saya masih suka mengamati game-game online yang baru meluncur.

Dari shilin.devianart.com

Khususnya Ragnarok, game ini melegenda karena punya lagu-lagu pengantar (dalam stage) yang bagus-bagus. Misalnya, Theme of Geffen (soundtrack number 6 dan 113), menjadi lagu favorit saya. Lagu lainnya yang sesuai selera saya adalah Theme of Prontera (108), Theme of Alberta (115), dan Peaceful Forest (103). Aransemen lagunya dibuat dengan synthesizer, dan memiliki banyak cita rasa. Theme of Morroc bercita rasa Latin, Sky Gyro Prontera dan Jet Wings (Guild Wars) bercita rasa pop-rock.

Saya tidak tahu apa lisensi lagu-lagu ini. Tapi menurut saya, pasti ada copyright dan aturan penggunaannya. Setidaknya, lagu-lagu ini pasti memiliki term of use yang harus dihormati.

Penggunaan lagu-lagu ragnarok marak di berbagai acara di stasiun televisi Indonesia. Iklan Laut kita, milik suatu Direktorat Jenderal di bawah Departemen Perikanan dan Kelautan menggunakan Theme of Geffen (113) sebagai theme song-nya. Beberapa edisi Wisata Kuliner punya Bondan Winarno menggunakan beberapa lagu dari Ragnarok ini. Tak luput, edisi petualangan yang sering muncul di TransTV dan Trans7 juga banyak mengambil lagu dari album Raganrok ini.

Pertanyaannya, apakah penggunaan lagu-lagu ini, tanpa didaftarkan/dimintakan izinnya, secara etika diperkenankan? Ataukah saya saja yang gak tahu kalau mereka sebenarnya sudah membayar royalti atas lagu-lagu ini? Tapi, terus terang saya gak yakin kalau royaltinya sudah dibayar.

Sebuah screenshot Raganarok dari www.play-free-online-games.com, saat masih masa perkenalan.

Mengambil yang positifnya, saya bisa mengingat memori bermain game bersama teman saat status masih cupu dan sedang asik menebas Poring ditemani lagu Streamside (112).

Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Melanjutkan Tradisi Generasi Emas Smansa