Belajar Ray of light

Ray of Light atau ROL adalah salah satu teknik fotografi yang mengeksplorasi dispersi cahaya (matahari) melalui celah-celah sempit (semisal dedaunan).

Teknik ROL memerlukan lokasi pengambilan yang tepat serta waktu pengambilan yang tepat. Umumnya pagi hari atau sore hari dimana matahari bersudut rendah dari ufuk. Matahari yang telah cukup tinggi cenderung punya cahaya keras dan kurang cocok/mengasyikkan untuk ROL.

Berikut adalah teknik meningkatkan hasil jepretan untuk ROL dengan efek-efek sederhana yang dimiliki oleh Google Picasa 3.0. Disini, kita akan meng-enhance apa yang sudah tertangkap sensor kamera saja, bukan mengolah yang tidak ada menjadi ada.


1. Foto asli yang tampak flat, dull dan tidak menarik.


2. Menambahkan efek warm.


3. Menambahkan efek Glow.


4. Melakukan saturasi warna.

5. Peningkatan ketajaman gambar.

6. Hasil

Berikut salah satu hasil Ray Of Light yang lain.



Gambar yang dijadikan tutorial diambil menggunakan Olympus DSLR E420 pada modus Shutter Priority (S) 1/30s; f/9.0, ISO 400, Spot metering (center), pada fokal lensa 39mm. Gambar terakhir diambil menggunakan modus Shutter Priority (S) 1/40s; f/5.6, ISO 400, Matrix metering (auto), pada fokal lensa 40mm.

Comments

Mariamellie said…
Very nice tutorial!!! =) I use PS CS3 and Picasa a lot for my photos. One question: why sometimes I use sharp effect on Picasa but when I save it, the sharpness doesn't work? Thanks ya dear Anton =)
ARahmadi said…
To some degree, monitor is an issue. So, i use external monitor that come with 1:2000 or more contrast ratio, and install the same colour profile for camera, monitor, printer.

Sharpness, for me, only do a subtle change. Play more with brightness, contrast, and leveling.
Tapi itu cuman opini saya. I like colourful, natural colour, and crisp pictures.

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Polemik Nata de Coco Berbahan Baku Pupuk Urea

Urun Rembuk Tentang Pengentasan Stunting