Tempat wisata di kotaku: Air Terjun Tanah Merah

Ini adalah salah satu tempat wisata alam yang paling terkenal di Samarinda. Sudah dibuka untuk umum sejak puluhan tahun yang silam, walaupun sampai sekarang jalan menuju ke arah ini masih tetap jelek dan berbatu.

Di pintu masuk, kita akan disuguhi jeram pendek yang cukup bagus jadi obyek foto (setelah menyingkirkan sampah-sampah plastik yang berserakan, tentunya).



Inilah main course-nya, air terjun pendek di Tanah Merah. Karena sering hujan, makanya airnya berwarna kecoklatan. Katanya, kalau menyusuri jalan setapak di atasnya, kita bisa dapat pemandangan yang lebih indah. Sayangnya kondisi saat itu sudah mau turun hujan, dan jalan setapaknya masih licin.


Untuk mencapai jalan setapak dimaksud, kita harus mendaki bukit. Cukup tinggi dan membuat nafas ngos-ngosan. Sayangnya disetiap pojok, ada saja yang pacaran, bahkan kemarin sempat bertemu beberapa anak muda (seumuran SMP) sedang meneguk miras.

Pohon rebah, bisa jadi objek menarik lho. Banyak juga ditemukan batang pohon yang bisa dijadikan tekstur menarik buat wallpaper Anda.


Catatan teknis:
Jarak dari pusat kota Samarinda sekitar 30 menit perjalanan dengan mobil ke arah jalan poros Samarinda-Bontang. Di lokasi, ada pungutan retribusi per orang Rp. 5000. Terdapat mushalla dan beberapa warung semi permanen, walaupun toilet jauh dari layak.

Bawalah sepatu, air minum, dan autan, apabila Anda ingin mendaki dan berjalan menuju sumber mata airnya.

Comments

Hakimtea said…
Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)
Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Melanjutkan Tradisi Generasi Emas Smansa