Evaluasi Pengajaran Semester Genap 2014 Program S1

Berdasarkan nilai UTS/UAS, maka saya mencoba mengevaluasi diri saya sendiri terkait pengajaran di Semester Genap 2014 untuk Program S1 yang saya ampu.

Penilaian Secara Umum

Secara umum nilai mahasiswa lebih banyak berada pada rentang nilai 31-70, dengan huruf mutu antara C,dan D.


*Nilai UAS dari saya saja, belum merupakan nilai akhir yang diberikan kepada akademik, karena pengajaran dilakukan secara tim.

Beberapa pertanyaan 

  • Mengapa pada pelajaran yang sudah diberikan kisi-kisi seperti Pengolahan Pangan Fungsional dan Satuan Operasi 2, nilai-nilai ujian tidak dapat menunjukan hasil maksimal? Sementara di Fisika pertanian yang juga diberikan kisi-kisi, nilai terbanyak dapat berada di rentang 51-70.
  • Di kedua mata kuliah tersebut (Pengolahan Pangan Fungsional dan Satuan Operasi 2), satu soal yang diberikan hanya merangkum tugas yang pernah diberikan. Untuk nilai pada soal tersebut, kurang dari setengah yang mampu mendapat nilai maksimal, sebagian besar menjawab jauh dari yang ditanyakan.  Ini menimbulkan pertanyaan: apakah tugas dikerjakan telah secara benar dan maksud dari penugasan tersebut sampai kepada mahasiswa?
  • Apakah mahasiswa telah mendapatkan cukup pengetahuan melalui sarana pembelajaran lainnya yang menunjang kemampuan dalam menjawab UTS/UAS?

Langkah lanjutan

  • Memastikan apa yang diberikan telah diterima dengan baik oleh mahasiswa (Student Centered Learning)
  • Mempertahankan mutu soal, meningkatkan kemandirian dan pemahaman akan soal berupa pembahasan tugas di kelas/responsi.
  • Mempersiapkan e-resources untuk pembelajaran mandiri dan mewajibkan peserta melakukan latihan-latihan soal secara mandiri (Problem Based Learning).

Contoh Soal Ujian



Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Melanjutkan Tradisi Generasi Emas Smansa