GM tumbang? Rupiah Ambruk?

Ah, tahun 2008 akan dikenang sebagai tahun hitam kapitalisme. GM, inikah korban besar berikutnya setelah 14 Bank Amrik, Airline terbesar, dan hampir semua kawasan di Eropa dilanda resesi?

GM stock plummeted to 65-years low!
Santer terdengar kabar General Motors, produsen wahid kendaraan bermotor asal Amrik sudah siap-siap bangkrut. Dari CNN hingga Bloomberg menyebutkan GM benar-benar mengalami kesulitan keuangan. Sebagai gambaran, perusahaan itu memerlukan talangan 200 Milyar Dollar US! Jauh dari yang dianggarkan pemerintahnya untuk penalangan sektor otomotif, 25 Milyar Dolar US.


Gambar: mlive.com, memperlihatkan parade 100 tahun berdirinya General Motors.

Banyak yang bilang bahwa GM tidak akan terselamatkan, sekalipun bail out diberikan. Sebabnya: konsumen tidak mau dong beli kendaraan dari pembuat yang bangrut. Tentunya mereka berfikir ulang, gimana spare-partnya, after sales service, perawatan, nilai jual kembali, dsb. Beli mobil beda dengan beli rumah, ya kan ?

Tentunya ini berita yang tidak sedap disaat para pemimpin negara tengah bersidang di KTT G-20 akhir pekan ini. Berita rubuhnya sektor otomotif AS dan resesi Eropa menghantui pertemuan itu. Apa kira-kira yang akan dilakukan mereka disana?

Update Rupiah

Grafik real-time dari: www.exchange-rates.org

Sedih aku lihat kurs Rupiah hari ini: 1 USD = Rp 12.000 (1 IDR = 0.00008 USD)

Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Melanjutkan Tradisi Generasi Emas Smansa