Waktu santai: ke dapur aja!

Cowok masak? Why not? Banyak kok Chef terkenal dari kalangan cowok. Tapi gak pantas rasanya tukang masak amatiran dibandingkan ama Chef. Seperti langit dan bumi, gitu..

Gambar: memasak nasi kuning pada Minggu pertama di Sydney, Januari 2007.

Btw, kesenengan masak muncul sejak kuliah. Waktu itu gemarnya bakar ikan/ayam di tempat mantan pacar (soalnya sekarang dah jadi istri). Makin lama makin bisa bikin makanan yang rumit-rumit, seperti nasi kuning lengkap bumbu sendiri.
Kata temen-temen sih masaknya dah bener, soalnya mereka gak ada yang sakit perut (gurauan Adhika, dosen UGM)... ha ha.

Berikut salah satu masakan andalan saya:

Sambal Goreng Hati Sapi Sunda
Sundanese Potato Ox-Liver Spicy Sauce
12 porsi; 1,5 hr waktu memasak


Bahan:
1 kg kentang dipotong kubus 1 cm
½ kg hati sapi dipotong kubus 1 cm
4 lembar daun salam besar
1 butir jeruk nipis
½ kelapa parut, diambil santannya dengan 1 liter air panas (80°C)

Untuk sambalnya:
1 ½ siung bawang putih
10 umbi bawang merah
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari serai
4 biji kemiri
1 sdm biji jintan
3 sdm biji ketumbar
12 buah cabe merah dibersihkan dari bijinya
1 ruas jari jempol laos
1 ½ sdm garam
1 sdm gula
3 sdm minyak jagung
1 gelas (250 ml) air minum

Persiapan:
  1. Kentang dikupas, dipotong kubus, dicuci dan digoreng terpisah dengan minyak sawit pada api kecil (2/5 pada kompor gas). Angkat kentang setelah kering sebelum berwarna coklat.
  2. Hati sapi dipotong kubus, dicuci, dan digoreng dengan minyak kelapa pada api kecil (2/5 pada kompor gas). Sambil menunggu, potong jeruk nipis dalam 5 irisan. Saat setengah matang, tambahkan daun salam dan irisan jeruk nipis (termasuk kulitnya).

Pembuatan sambal:
  1. Semua bumbu dikupas dan dicuci hingga bersih
  2. Semua bumbu, kecuali minyak jagung, dicampurkan dan diblender hingga halus. Gunakan 1 gelas air minum untuk membantu penghalusannya.
  3. Wajan berukuran besar disiapkan, lalu minyak jagung dipanaskan pada api kecil (2/5 pada kompor gas). Bumbu yang telah dihaluskan dituangkan ke dalam wajan, lalu diaduk dan dibiarkan mendidih selama 5-10 menit. Bumbu dimasak hingga wangi dan matang.
  4. Kentang yang telah digoreng dicampurkan dengan sambalnya di atas wajan pada api kecil, lalu diaduk hingga merata. Bumbu dibiarkan meresap ke dalam kentang selama 5 menit.
  5. Hati sapi yang telah digoreng ditambahkan ke dalam kentang dan sambal tersebut, lalu diaduk hingga merata. Kecilkan apinya (1/5 pada kompor gas), sehingga bumbu mendapat kesempatan untuk meresap ke dalam hati sapi goreng selama 5 menit.
  6. Santan ditambahkan ke dalam sambal goreng, lalu diaduk selama 5 menit. Api dimatikan setelah sambal goreng terlihat kering atau, air tidak terlihat menggenangi sambal goreng.
  7. Sambal goreng siap disajikan!

Comments

Popular posts from this blog

Nilai gizi pada jagung dan turunannya

Kembali ke akar: Penggalan Cerita dari Muara Ancalong

Melanjutkan Tradisi Generasi Emas Smansa